Selasa, 10 Mei 2016

BERTANI ORGANIK


sebuah analisa...

setiap mahluk hidup dijamin kehidupanya oleh tuhan. mahluk hanya dituntut sesuai batas maksimal kemampuanya. kehidupan juga sebaiknya selaras dengan harmoni alam,

tumbuhan mahluk hidup yang tidak diberi kemampuan untuk bergerak, sehingga dia tidak mungkin harus bergerak kesana kemari untuk mendapatkan makanannya. dia diberi kemampuan mengambil makanan langsung dari tanah, memanfaatkan sinar matahari dan udara untuk menunjang aktifitas hidupnya.

sebagaimana tumbuhan yang menyediakan makanan bagi mahluk hidup yang lain, dengan memberikan buah dan daunya untuk dikonsumsi. pastilah ada juga mahluk hidup lain yang menyediakan makanan untuk tumbuhan.

dari yang pernah saya baca, ternyata ada aktifitas kehidupan dalam tanah yang nantinya menhasilkan kebutuhan makanan untuk tumbuhan. mahluk hidup itu berupa mikro organisme juga kawan-kawanya dan aktifitas mikronya.

jadi untuk bertani organik sebenarnya yang diperlukan hanyalah memastikan ada aktifitas mikro dalam tanah. aktifitas mereka bagus dengan tempat yang nyaman untuk beraktifitas. mereka akan memberikan kebutuhan makanan untuk tumbuhan tidak kurang dan tidak lebih. sehingga tumbuhan bisa sehat ideal, tidak kurus juga tidak obesitas....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar